Selasa, 01 Maret 2022 - 11:43 WIB

Qualcomm-Microsoft bantu perusahaan terapkan jaringan 5G pribadi

Jakarta (ANTARA) - Qualcomm Technologies Inc berkolaborasi dengan Microsoft menghadirkan chip to cloud pertama di industri untuk jaringan perusahaan swasta, yang dirancang untuk memecahkan masalah perusahaan dalam adopsi teknologi dan mengimplementasikan jaringan 5G pribadi dalam skala global.

Bekerja sama dengan anggota 5G Private Network Partner Ecosystem Program, Qualcomm dan Microsoft mengubah konektivitas perusahaan dengan pengenalan solusi jaringan pribadi 5G yang end-to-end, mudah diterapkan, dan dapat ditingkatkan.

Baca juga: Qualcomm percepat adopsi global akses nirkabel tetap 5G

Diketahui, solusi canggih dan infrastruktur konektivitas utama sangat penting untuk memberikan kerangka kerja yang diperlukan untuk aplikasi perusahaan modern.

Solusi tersebut diwujudkan melalui arsitektur konektivitas pribadi yang telah divalidasi, yang menggabungkan teknologi Qualcomm® 5G dan ekosistem perangkat keras Azure private multi-access edge compute (private MEC) termasuk Azure Private 5G Core.

Dengan Qualcomm® Private Network RAN Automation dan Azure private MEC, perusahaan dapat menghindari tantangan dan biaya yang dikeluarkan dalam pemilihan vendor, integrasi, manajemen, pemantauan kinerja, penskalaan, dan banyak lagi.

"Kolaborasi kami dengan Microsoft menawarkan pendekatan yang unik, hemat biaya, dan efisien dalam merancang, menerapkan, mengoperasikan, dan memantau 5G private network," kata Durga Malladi, Senior Vice President and General Manager, 5G Mobile Broadband and Infrastructure, Qualcomm Technologies dalam siaran pers, Selasa.

Baca juga: Qualcomm tampilkan peta jalan teknologi untuk dorong evolusi 5G

"Tingkat hasil pengamatan otomatisasi RAN-Core dan sistem chip-to-cloud untuk penerapan dan pengoperasian jaringan seluler pribadi skala besar akan menyederhanakan pengadaan, penerapan, dan pengelolaan intelligent edge 5G secara besar-besaran untuk berbagai industri dan kasus penggunaan," GM for Azure for Operators at Microsoft Shiraj Gaglani menambahkan.

Pada Mobile World Congress (MWC) Barcelona, solusi yang didemonstrasi akan mempertunjukkan beberapa teknologi, termasuk Autonomous Mobile Robots (AMR), 5G AI Box, kamera IP, lidar, dan masih banyak lagi.

Adapun komponen utama dari solusi tersebut adalah Qualcomm Private Networks RAN Automation, solusi Azure private multi-access compute (private MEC) meliputi Azure Private 5G Core dan Azure Stack Edge, dan perangkat 5G yang ditenagai oleh Qualcomm Technologies dan solusi pre-validated RAN ecosystem yang menggunakan Qualcomm® FSM100 5G RAN Platform.


Baca juga: Qualcomm kenalkan pembaruan platform untuk mobil pintar

Baca juga: Qualcomm pamerkan inovasi produk 5G di MWC Barcelona

Baca juga: Ponsel premium di Indonesia akan pakai Snapdragon 8 Gen 1

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Media Berita Terkini, Secepat Kilat!

© 2021 DTKNews. All Rights Reserved.