Senin, 24 Januari 2022 - 01:59 WIB

Rising Star TNI AD : Lulusan Terbaik Akmil Masuk Gerbong Mutasi

1. Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa
Rising Star TNI AD : Lulusan Terbaik Akmil Masuk Gerbong Mutasi

Lulusan terbaik Akabri 1990 (Adhi Makayasa-Tri Sakti Wiratama) saat ini merupakan Pangdam XVIII/Kasuari, Papua Barat. Rekam jejaknya di militer sangat cemerlang.

Lulus dari Lembah Tidar Magelang, mula-mula dia ditempa di Yonif Linud 328 Dirgahayu/Kostrad. Di pasukan Airborne tersebut, Cantiasa meniti karier dari Danton hingga Danki. Namun setelah itu dia berjibaku di kawah candradimuka Korps Baret Merah alias Kopassus.

Awal kariernya sebagai Wadan Sub Tim Den 81 Gultor/Kopassus. Setelah itu Cantiasa terus melejit hingga mengisi jabatan top di pasukan elite tersebut yakni Dansat 81/Kopassus pada 2010. Sinarnya makin mencorong hingga menjadi Danjen Kopassus (2019). Pada mutasi kali ini, beliau mendapat promosi jabatan menjadi Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III dan kenaikan pangkat menjadi Letnan Jenderal TNI.

2. Brigjen TNI Erwin Djatniko
Rising Star TNI AD : Lulusan Terbaik Akmil Masuk Gerbong Mutasi

Peraih Adhi Makayasa Akmil 1992 ini diberi mandat baru sebagai Wakil Gubernur Akmil. Penugasan ini lebih sebagai rotasi karena secara kepangkatan Erwin tetap bintang satu.

3. Kolonel Inf Lucky Avianto
Rising Star TNI AD : Lulusan Terbaik Akmil Masuk Gerbong Mutasi

Salah satu rising star dalam TNI AD, merupakan Adhi Makayasa Akmil 1996 A Jenderal Kopassus lulusan angkatan pertama SMA Taruna Nusantara ini dipromosikan sebagai Kapusdiklat BIN sekaligus 'pecah bintang'.

Lucky menggantikan Brigjen TNI Moch Zamroni. Nama Zamroni sempat menuai Sorotan ketika terseret dalam konflik antara Anggiat Pasaribu dengan Ibunda Arteria Dahlan.

Dalam rekam jejaknya, Lucky dikenal sebagai perwira cerdas. Dia menyandang gelar langka, yang Tak bisa semua tentara memilikinya.

Apa itu? Lucky hattrick sebagai lulusan terbaik. Selain Adhi Makayasa, Lucky merupakan lulusan Terbaik Dikreg XLIX Seskoad (2011) dan lulusan terbaik Dikreg XLVI Sesko TNI (2019).

Dalam sejarah militer Indonesia, hanya sedikit perwira yang bisa mencapai predikat itu. Selain Lucky ada mantan KSAD Jenderal TNI (Purn) Budiman yang merupakan Adhi Makayasa Akmil 1978, lulusan terbaik Seskoad 1994 dan Sesko TNI 2001. Di jabatan barunya nanti, Lucky pecah bintang menjadi Brigjen TNI.

4. Kolonel Inf Rudy Saladin
Rising Star TNI AD : Lulusan Terbaik Akmil Masuk Gerbong Mutasi

Termasuk Rising Star TNI AD juga, beliau dipromosikan sebagai Danrem 061/Suryakencana, Bogor. Mantan ajudan Presiden Jokowi ini menggantikan Brigjen TNI Achmad Fauzi yang dimutasi sebagai Dirjianbang Seskoad.

Rudy Saladin lahir Ujung Pandang, 17 September 1975. Setelah meraih predikat lulusan terbaik Akmil tahun 1997, Rudy melanjutkan pendidikan di Sekolah Staf dan Komandan Angkatan Darat di US Army Command and General Staff College Fort Leavenworth, Amerika Serikat.

Dia kemudian melanjutkan pendidikan ke Advanced Infantry Officers Course (sekolah lanjutan perwira) SAFTI Singapura dan lulus tahun 2003. Tak berhenti sampai di situ, Rudy melanjutkan pendidikannya ke Webster University St. Louis, Missouri, Amerika Serikat dan meraih gelar S2 Hubungan Internasional.

Sempat menjabat Sespri KSAD, karier Rudy Saladin moncer setelahnya. Dia dimutasi menjadi Danbrigif 6/Trisakti Baladaya pada tahun 2017 hingga 2018.

Setelah itu dia dipercaya mengisi posisi Asops Kodam VI/Mulawarman tahun 2018-2019. Dia pun menjadi ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tahun 2019-2021.

Rudy pun dipercaya menjadi Danrem 074/Warastratama tahun 2021-2022. Dan di awal tahun ini Rudy dipercaya Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menjadi Danrem 061/Suryakencana.

Dengan mutasi ini, Rudy Saladin pecah bintang dari pangkat Kolonel menjadi Brigjen TNI. Rudy Saladin pernah mencuri perhatian publik karena totalitasnya mengawal Presiden Jokowi.

Pada 19 Januari 2021, Rudy mengawal Presiden Jokowi meninjau lokasi banjir di Kalimantan Selatan. Dia menjadi perhatian karena terlihat basah kuyup saat mengawal Jokowi. Meski demikian dia tetap menjalankan tugasnya dengan baik.



Di luar matra Darat, sesungguhnya terdapat pula lulusan terbaik dari matra Udara dalam mutasi kali ini. Sosok tersebut Marsda TNI Samsul Rizal. 

Penerbang tempur F-5 Tiger ini diberi tugas baru sebagai Pangkoopsud III. Jabatan tersebut merupakan validasi organisasi dari Pangkoopsau III, yang saat ini juga dijabatnya. Rizal merupakan lulusan terbaik AAU 1990.

https://nasional.sindonews.com/read/...5?showpage=all


Rising Star yang memang sudah diperkirakan sejak lulus Akademi. TS jadi terkenang salah satu "rising star" yg juga sangat2 digadangkan sebagai pemimpin di masa depan, sayang 'layu sebelum berkembang'. Apapun piliham hidup beliau tetap kita hormati.

Selamat Bertugas Jenderal emoticon-Tepuk Tangan

Media Berita Terkini, Secepat Kilat!

© 2021 BeritaFlash. All Rights Reserved.