Sabtu, 15 Januari 2022 - 08:45 WIB

Senegal kembali gagal bersinar setelah ditahan seri 0-0 oleh Guinea

Jakarta (ANTARA) - Tim favorit juara Senegal kembali tak bisa tampil mengesankan ketika diimbangi 0-0 oleh Guinea dalam pertandingan Grup B Piala Afrika 2021 Jumat malam ini.

Senegal yang sangat terpengaruh oleh infeksi COVID-19 berbagi posisi teratas Grup B dengan Guinea karena sama-sama mengumpulkan empat poin dan berselisih gol sama. Kedua tim sama-sama menang 1-0 dalam pertandingan pertamanya pada Grup B empat hari lalu.

Mengingat dua tim teratas setiap grup, ditambah empat peringkat ketiga terbaik yang berhak maju ke babak berikutnya, maka empat poin yang mereka peroleh sudah cukup membawa mereka ke 16 besar.

Senegal tak menunjukkan sebagai tim yang selama ini digadang-gadangkan favorit turnamen ini karena penampilan mereka jelas dipengaruhi oleh absennya 10 pemain mereka karena COVID.

Kapten Senegal Sadio Mane mendapat peluang dari tendangan bebas jarak dekat pada awal pertandingan yang berlangsung di Stadion Kouekong itu, namun usahanya membentur tembok pertahanan lawan.

Hampir sepanjang babak pertama penampilan Mane malah berada di bawah penampilan rekan setimnya di Liverpool, Naby Keita, yang kerap mendorong Guinea menyerang pertahanan Senegal.

Adalah umpan terobosan nan cerdas yang dikirim Keita yang membelah pertahanan Senegal dan membuat dua penyerang Guinea berada bebas di depan gawang. Namun upaya Ilaix Moriba diselamatkan oleh Seny Dieng, demikian juga upaya Morgan Guilavogui.

Baca juga: Kamerun kunci tiket 16 besar seusai lumat Ethiopia
Baca juga: Burkina Faso buka peluang 16 besar selepas atasi Tanjung Verde


Senegal tampil jauh lebih baik setelah turun minum dan tendangan bebas Bouna Sarr pada menit ke-52 hampir saja menghasilkan gol.

Empat menit kemudian bek tengah Abdou Diallo melakukan sundulan tepat di atas mistar gawang setelah meneruskan sebuah tendangan bebas. Pada menit ke-67 Mane merangsek lurus dari tengah lapangan untuk merancang percobaan gol dari Sarr tapi sambaran pemain ini melebar dari gawang Guinea.

Kesepuluh pemain Senegal yang terpaksa absen di lapangan karena infeksi COVID-19 itu di antaranya adalah kapten Kalidou Koulibaly dan kiper utama Edouard Mendy, kemudian Idrissa Gana Gueye dan Fode Ballo Toure.

"Kami kesulitan sekali akibat absennya semua pemain ini,” kata pelatih Senegal Aliou Cisse seperti dikutip Reuters.

Malawi dan Zimbabwe, yang sama-sama kalah dalam laga pertamanya Senin, memainkan pertandingan kedua Grup B di Bafoussam Jumat malam ini.

Baca juga: Jallow membuat debutan Gambia menang 1-0 atas Mauritania

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Media Berita Terkini, Secepat Kilat!

© 2021 BeritaFlash. All Rights Reserved.