Kamis, 13 Januari 2022 - 11:30 WIB

Teten Masduki pastikan persiapan UMKM ramaikan MotoGP 2022

Sekarang masih ada waktu persiapan tiga bulan ke depan. Semoga acara ini sukses dan membawa manfaat bagi semua
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki memastikan persiapan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam meramaikan ajang internasional MotoGP Mandalika pada Maret 2022 sudah semakin matang dan optimistis berjalan dengan lancar.

Dia mengharapkan keikutsertaan UMKM lokal di Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi ajang promosi serta turut mendongkrak perekonomian para pelaku usaha tersebut.

"MotoGP Mandalika 2022 ini dirancang Presiden Joko Widodo untuk tiga hal. Yakni trading (perdagangan), tourism (pariwisata), dan investasi. Untuk itu, kita harus sukseskan MotoGP ini bukan hanya bagi NTB saja, tetapi juga bagi UMKM-nya," ucap Menteri Teten saat meninjau kesiapan beberapa lokasi pameran pelaku UMKM di Lombok Tengah, NTB, Rabu (12/1/2022) sebagaimana dikutip dari keterangan persnya di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, adanya pembangunan infrastruktur MotoGP di NTB patut disyukuri karena memberikan manfaat besar bagi masyarakat setempat. Mulai dari potensi desa wisata, homestay (rumah tinggal untuk penginapan), hingga sektor kuliner.

Rencananya, kata Teten, akan ada lima titik lokasi stan promosi UKM saat pelaksanaan MotoGP di Sirkuit Mandalika.

Kelima titik lokasi yang dikunjungi Teten itu adalah kawasan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pengembang dan pengelola kompleks destinasi pariwisata Mandalika.

Kemudian, parkir timur, parkir barat, dan tiga lokasi berada di dalam area sirkuit.

Adapula lokasi tambahan lain yang sempat dikunjungi Menkop, yaitu kawasan kedatangan dan keberangkatan di Lombok Internasional Airport.

Mengenai jumlah UMKM yang akan terlibat dalam ajang tersebut, dia belum bisa memberikan rinciannya. Saat ini, ia hanya mengharapkan UMKM siap berpartisipasi dalam penyelenggaraan MotoGP 2022.

"Kami akan siapkan dalam satu bulan ke depan sudah ada e-katalog (aplikasi belanja online) untuk produk UMKM di MotoGP 2022 ini," ungkapnya.

Untuk kategori produk UMKM yang dilibatkan juga beragam, mulai dari kuliner, kerajinan, industri lain seperti sepeda atau motor listrik.

"Sekarang masih ada waktu persiapan tiga bulan ke depan. Semoga acara ini sukses dan membawa manfaat bagi semua," sebut Teten.

MotoGP Mandalika ini akan berlangsung dari 18-20 Maret 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, NTB.

Baca juga: Sandi: Perlu keseimbangan SDM dan infrastruktur di lokasi MotoGP
Baca juga: Desa Wisata Melon di Lombok Barat siap menampung penonton MotoGP
Baca juga: Bazar dan festival UMKM disiapkan untuk sambut ajang MotoGP 2022


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Media Berita Terkini, Secepat Kilat!

© 2021 BeritaFlash. All Rights Reserved.